Minggu, 23 Januari 2011

ilmu mikro dan makro ekonomi

EKONOMI MIKRO DAN EKONOMI MAKRO

Dalam kancah perekonomian . tentulah kita mengetahui apa itu Ilmu Ekonomi . Ilmu Ekonomi adalah : Ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas dengan Alat Pemuas Kebutuhan yang jumlahnya Terbatas. Permasalahan itulah yang kemudian menyebabkan timbulnya Kelangkaan (scarcity) . dalam hal ini Ilmu Ekonomi dikelompokkan menjadi 2, yaitu :

1. Ilmu Ekonomi Mikro , dan
2. Ilmu Ekonomi Makro.

Ilmu Ekonomi Mikro adalah salah satu cabang Ilmu Ekonomi yang pembahasannya menitikberatkan pada perilaku ekonomi individu rumah tangga, perusahaan, dan pasar. Ilmu Ekonomi Mikro memberikan suatu metode kepada seseorang atau suatu rumah tangga perusahaan untuk mengelola sumber daya ekonomi yang dimiliki agar dapat dimanfaatkan secara efisien. Misalnya, seseorang memiliki anggaran tertentu untuk membeli barang. Ilmu Ekonomi memberikan metode untuk menentukan barang apa yang dibeli dan berapa jumlahnya agar konsumen tersebut dapat memperoleh kepuasan yang paling tinggi (maksimum). Demikian juga dengan pengelolaan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Ilmu Ekonomi Mikro menyediakan metode agar perusahaan tersebut dapat memperoleh keuntungan maksimum. Ilmu ekonomi mikro memberikan solusi optimum kepada perusahaan dalam mengambil kebijakan, baik berkaitan dengan harga maupun jumlah barang pada pasar (industry) yang ia masuki.


Kemudian Ilmu Ekonomi yang berikutnya adalah Ilmu Ekonomi Makro. Ilmu Ekonomi Makro merupakan salah satu cabang Ilmu Ekonomi yang menitikberatkan pembahasan mengenai perekonomian secara keseluruhan (agregat). Arti agregat (keseluruhan) dalam Ekonomi Makro ialah indicator yang menjadi pusat perhatian dari ekonomi makro adalah variable-variabel total, seperti pendapatan nasional, produksi nasional, konsumsi nasional, tabungan dan investasi nasional.

Jadi, di dalam analisa Ekonomi Makro dijelaskan bahwa tingkat kegiatan ekonomi Negara di tentukan oleh seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh masyarakat, yang meliputi pengeluaran seluruh rumah tangga, pengeluaran para perusahaan, dan pengeluaran pemerintah. Selain membahas tentang perilaku rumah tangga, perusahaan dan pasar secara keseluruhan (agregatif), Ilmu Ekonomi Makro juga membahas tentang masalah-masalah ekonomi, seperti pengangguran, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan perdagangan internasional.




A. PERBEDAAN EKONOMI MIKRO DAN MAKRO


Pembagian Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro ini tidaklah mutlak sebab pengertian total (agregat) merupakan penjumlahan dari satuan-satuan (unit-unit khusus yang lebih kecil). Misalnya, pendapatan nasional adalah penjumlahan dari pendapatan rumah tangga yang terdapat dalam suatu masyarakat. Membagi Ilmu Ekonomi menjadi Makro dan Mikro tidaklah berarti bahwa persoalan-persoalan pendapatan tidak dipersoalkan lagi dalam Ekonomi Mikro dan persoalan-persoalan tentang harga tidak dibicarakan lagi dalam Ekonomi Makro.Kedua persoalan itu sebenarnya masih juga dibahas hanya saja pembahasannya berbeda.

Untuk itu, mari kita lihat perbedaan antara Ekonomi Mikro dengan Ekonomi makro berikut ini :


=> Ekonomi Mikro :
1. Membahas perilaku individu rumah tangga.
2. Membahas perilaku individu perusahaan.
3. Membahas perilaku suatu pasar (industry).
4. Menganalisis masalah-masalah:

a. Proses terjadinya tingkat harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan di pasar
dalam Teori Harga.
b. Bagaimana produsen menentukan tingkat produksi dan memilih factor produksi sehingga
dapat memberikan keuntungan dalam Teori Produksi.
c. Factor-faktor yang menentukan pendapatan setiap factor produksi dalam Teori
Distribusi.


=> Ekonomi Makro :1. Membahas perilaku rumah tangga dalam suatu perekonomian Negara.
2. Membahas perilaku seluruh perusahaan yang terdapat dalam suatu perekonomian Negara.
3. Membahas perilaku seluruh pasar (industry) dalam suatu perekonomian Negara.
4. Menjelaskan persoalan-persoalan:

a. Factor-faktor produksi yang tidak dapat digunakan secara penuh dalam perekonomian
yang diatur oleh mekanisme pasar.
b. Langkah-langkah pemerintah untuk mengatasi masalah pengangguran.
c. Factor-faktor yang menyebabkan terjadinya kenaikan harga-harga barang (inflasi) serta
kebijakan apa untuk mengatasi masalah inflasi tersebut.


Nah dalam konteks ini, berdasarkan kasus 3 apabila ditanyakan manakah yang termasuk pembahasan ekonomi mikro dan mana yang termasuk dalam pembahasan ekonomi makro.

Maka dapat disimpulkan bahwa yang termasuk pembahasan Ekonomi Mikro yaitu : Perusahaan yang menentukan harga air kemasan tersebut, dan juga kemunculan perusahaan yang lain yang memproduksi air kemasan karena keuntungan dari perusahaan terdahulu.

Kemudian yang termasuk pembahasan Ekonomi Makro yaitu perkembangan perusahaan memberikan sumbangan (kontribusi) pada produk nasional (pendapatan nasional) dan munculnya perusahaan yang memproduksi air minum kemasan ini akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar